Friday 23 March 2012

Menuutup Aurat

Menutup aurat


Saat ini banyak di temukan wanita berjilbab di sekitar kita.
Tapi banyak juga wanita berjilbab yang belum mengetahui bagaimana
Seharusnya berpakaian menurut syariah. Masih banyak wanita yang
Berkerudung yang kita jumpai memakai baju yang ketat, sehingga bentuk tubuhnya terlihat dengan jelas. Bahkan yang banyak kita jumpai hari ini , Wanita yang berkerudung yang di kombinasikan dengan skinny jeans atau celana pensil Super ketat. Sehingga meskipun tertutup tetapi tetap mengundang mata Lelaki untuk melirik- lirik kearahnya. Inilah fenomena wanita zaman sekarang

Kriteria pakaian muslim dan muslimat
1.    Menutup seluruh badan selain yang di kecualikan ( wanita ; seluruh tubuh kecuali wajah dan tapak tangan ). (QS. An- Nur ; 31 )
2.    Bukan berfungsi sebagai perhiasan. ( QS. Ahzab 33 )
3.    Kainnya tidak terlalu tipis dan transparan, sehigga tidak tembus pandang.
4.    Harus Longgar dan tidak ketat, sehingga tidak menggambarkan sesuatu dari lekuk- lekuk dan bentuk tubuhnya.
5.    Tidak di berikan wewangian atau parfum yang serbak wangi.
6.    Bukan pakaian laki- laki
7.    Tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
8.    Bukan pakaian popularitas untuk menyombongkan diri dan meraih gensi di tengah orang banyak.

Perintah memakai jilbab
 Firman Allah dalam QS. Al-Ahzab ; 59
Artinya
“ Hai Nabi katakanlah kepada istri – istrimu, anak- anak perempuanmu dan istri orang- orang mukmin.Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal, karena itu mereka tidak di anggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
“Ucapan salah seorang wanita kepada Rasulullah SWA bahwa ada di antara mreka yang tidak mempunyaii jilbab, maka Rasulullah bersabda “ Hendaklah saudaranya meminjamkan jilbabnya. “Sebagaimana hadist dari ummu ‘Athiyah radhiyallahu ‘anha berkata :
              “Rasulullah memerintahkan kepada kami, nenek – nenek, wanita yang sedang haid, wanita pingitan untuk keluar pada hari raya dan Adha. Maka bagi wanita yang sedang haid janganlah sholat dan hendaklah menyaksikan kebaikan dan dakwah kaum muslim. Saya berkata; Ya Rasulullah salah satu di antara kami tidak mempunya jilbab,” Rasulullah bersabda “ hrndaklah saudaranya meminjamkan jilbabnya
Ancaman bagi yang membuka aurat
                                    Diantara ancaman berat bagi yang tidak menutup aurat adalah tidak mencium bau surge apalagi masuk kedalamnya, sebaliknya mereka justru di sediakan tempat kembalinya yaitu neraka.
                   Rasulullah bersabda : “Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya : Laki-laki yang tangan mereka memegang cambuk yang mirip ekor sapiuntuk memukuli orang lain, dan wanita – wanita berpakaian namun terlanjang dan berlenggak-lenggok. Kepalanya bergoyang- goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk syurga maupun mencium syurga. Padahal sesungguhnya batu syurga itubisa earcium dari jarak sekian ke sekian”.
                   Menurut Ibdul Abdi Barr yangdi maksud Nabi SWA adalah kaum wanita yang mengenakan pakaian tipis, yang dapat menggambarkan bentuk tubuhnya dan tidak dapat menutup atau menyembunyikan lekuknya.Meskipun  mereka itu berpakaian akan tetapi hakikatnya telanjang.
                   Menurut Syaikh Albani pernyataan Aisyah radhiyallahu anha diatas mengisyaratkan bahwa wanita yang menutupi tubuhnya dengan pakaian yang tipis pada hakikatnya dia belum menutupi tubuhnya dan juga belum melaksanakan firman Allah SWT.
Kesalahan - kesalahan dalam busana wanita
1.    Mengenakan pakaian yang serba sempit atau ketat, sehingga menggambarkan tubuhnya.( QS, An Nur : 31 )
2.    Mengenakan pakaian yang tipis atau transparan dan yang membuat orang tertarik untuk memandang,
3.    Mengenakan Pakaian yang terbuka dari bawah, atau tidak menutupi paha, betis, dua telapak kaki dan punggung.
4.    Mengenakan celana pendek juga pakaian –pakaian yang menampakkan kecantikan wanita di hadapan laki- laki bukan mahramnya.
5.    Menggunakan pakaian yang berlengan pendek,termasuk baju kaos sehingga menampakkan bentuk dan likuk kedua tangannya
6.    Mengenakan pakaian yang mencolok warna atau motifnya termasuk mengenakan wangian yang menyengat hidung
7.    Mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian laki- laki, baik dalam bentuk maupun ciri- cirinya
8.    Mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian wanita kafir, yang mencerminkan kelakuan mereka
9.    Mengenakan pakaian kemewahan dan kemasyuran yang tidak familiar di tengah- tengah masyarakat muslim
10.  Tidak memakai kerudung sehingga memperlihatkan kepala, leher dan dada mereka.
Hikmah berjilbab dalam islam            Banyak faedah atau hikmah yang di dapati dari menutup aurat, antara lain orang- orang akan menghadapinnya dengan kejujuran, ia akan di kenal karena kepandaiannya. Jatuhnya martabat wanita barat adalah karena mereka selalu menjadi korban dari pelecehan seksual dan mereka di paksa untuk mengikuti cara atau kebiasaan – kebiasaan penganut teori kebebasan yang muncul pada saat ini.
            Firman Allah SWT di dalam al quran
“ Barang siapa yang mengerjakan amal- amal shaleh, baik ia laki- laki maupun perempuan sedang ia orang beriman , mak mereka masuk di dalam syurga dan mereka tidak di aniaya walau sedikit pun.” ( QS, An nisa : 124 )

Melva Susanti (431006058)

No comments:

Post a Comment

Hiburan Mendidik Jiwa


Maher Zain - Insyaallah Mp3
Musicaddict.com